Menu

Credit Card / News/Info / 2014 / Transaksi dengan PIN / Detail

 

Transaksi dengan PIN

10-12-2014 17:59 WIB

Dapatkan PIN kartu kredit Anda sekarang!
Sesuai Peraturan Bank Indonesia, kartu baru dan kartu pengganti yang diterbitkan mulai 1 Juli 2015 wajib menerapkan metode verifikasi dengan menggunakan PIN.

Setiap transaksi dengan kartu kredit tersebut, baik di merchant maupun tarik tunai di ATM wajib menggunakan PIN.

Bagi Anda yang belum memiliki atau lupa akan PIN Kartu Kredit CIMB Niaga, segera ikuti langkah-langkah di bawah ini :
1. Kirim SMS ke 1418 format : PIN(spasi)4 digit akhir no. kartu kredit(spasi)tanggal lahir dengan format : DDMMYYYY
Contoh: PIN 1234 31121988

2. Anda akan mendapat SMS balasan sebagai berikut :
PIN untuk kartu xxxxxxxxxxxx1234 Anda adalah 999999. Segera ganti PIN Anda di ATM CIMB Niaga terdekat dalam waktu 14 hari. Info : 14041

3. Pengiriman SMS hanya dapat dilakukan dengan nomor ponsel yang terdaftar pada sistem CIMB Niaga. Jika Anda ingin melakukan perubahan nomor ponsel, silakan menghubungi Phone Banking 14041

PIN merupakan nomor identifikasi yang bersifat rahasia dan hanya dapat digunakan oleh Anda sendiri.

Tanya Jawab Layanan Transaksi dengan PIN

Definisi PIN Kartu Kredit
T : Apakah yang dimaksud dengan PIN kartu kredit?
J : PIN atau Personal Identification Number kartu kredit adalah kode rahasia untuk kartu kredit Anda yang terdiri dari kombinasi 6-digit angka.

T : Apakah kegunaan dari PIN kartu kredit?
J : PIN kartu kredit berguna sebagai sarana otentikasi bagi bank untuk memastikan keabsahan transaksi cash advance/tarik tunai maupun retail/ belanja dari kartu kredit Anda .

T : Berapa panjang PIN kartu kredit CIMB Niaga?
J : Sesuai regulasi Bank Indonesia, panjang PIN kartu kredit adalah 6-digit, seluruhnya merupakan kombinasi angka 0 – 9.

T : PIN kartu kredit bank lain yang saya miliki hanya mempunyai panjang 4-digit. Mengapa PIN kartu kredit CIMB Niaga terdiri dari 6-digit?
J : Sesuai Surat Edaran Bank Indonesia No. 14/17/DASP Tahun 2012, seluruh kartu kredit yang diterbitkan di Indonesia sudah harus memiliki PIN dengan panjang 6-digit selambat-lambatnya 31 Desember 2014.
CIMB Niaga dan seluruh bank lain yang menerbitkan kartu kredit di Indonesia wajib mematuhi peraturan tersebut.

Mengapa harus PIN?
T : Mengapa PIN kartu kredit penting untuk saya?
J : PIN penting untuk melindungi diri Anda dari risiko kerugian finansial atas transaksi yang tidak Anda lakukan / mencegah tindakan kriminal dari pihak yang berniat buruk. Dengan PIN, bank dapat memastikan bahwa transaksi finansial benar-benar dilakukan oleh Anda sebagai pemilik kartu, bukan oleh pihak lain yang tidak berhak.

T : Apakah kebijakan baru terkait PIN kartu kredit ini hanya berlaku untuk kartu kredit CIMB Niaga saja?
J : Tidak, sesuai Surat Edaran Bank Indonesia No. 14/17/DASP Tahun 2012, kebijakan tersebut berlaku untuk seluruh kartu kredit terbitan bank manapun di Indonesia.
Kebijakan tersebut juga berlaku di seluruh mesin EDC milik bank manapun di seluruh Indonesia.

T : Apabila saya tidak berkenan memiliki PIN kartu kredit, apakah saya tetap bisa melakukan transaksi belanja dengan kartu kredit saya di merchant?
J : Ya, Anda masih dapat melakukan transaksi dengan kartu kredit di merchant dengan menandatangani slip transaksi hingga 31 Desember 2014 saja.
Mulai 1 Januari 2015, jika Anda tidak memiliki PIN kartu kredit, maka Anda tidak dapat lagi melakukan transaksi dengan kartu kredit Anda di merchant manapun di Indonesia.

Cara Menggunakan PIN Kartu Kredit
T : Kapan saya harus menggunakan PIN kartu kredit?
J : Saat ini, Anda harus menggunakan PIN kartu kredit pada saat melakukan transaksi tarik tunai / cash advance di mesin ATM dengan menggunakan kartu kredit Anda.

T : Selain saat melakukan penarikan tunai, kapan lagi saya memerlukan PIN kartu kredit untuk bertransaksi
J : Mulai 1 Januari 2015, Anda diminta untuk menggunakan PIN kartu kredit sebagai sarana otentikasi transaksi belanja Anda pada mesin EDC yang ada di merchant-merchant / toko-toko yang menerima kartu kredit Anda sebagai alat pembayaran.

T : Bukankah selama ini saya hanya diminta untuk menandatangani sales draft / slip yang dicetak oleh mesin EDC saat saya menggunakan kartu kredit saya di merchant-merchant / toko-toko?
J : Betul sekali, saat ini Anda hanya perlu menandatangani sales draft / slip yang dicetak oleh mesin EDC pada saat menggunakan kartu kredit Anda di merchant.
Mulai 1 Januari 2015, sebagai bentuk perlindungan konsumen dari tindak kejahatan pencurian / penggandaan kartu kredit dan sesuai dengan peraturan Bank Indonesia selaku regulator kartu kredit di Indonesia, penggunaan PIN sebagai pengganti tanda tangan diwajibkan sebagai sarana verifikasi transaksi belanja dengan kartu kredit di Indonesia.

T : Informasi yang saya dengar, mulai Oktober 2014 sudah ada beberapa EDC di merchant yang meminta PIN kartu kredit pada saat transaksi. Apa benar? Bukankah seharusnya baru berlaku mulai 1 Januari 2015.
J : Anda benar, secara bertahap mulai Oktober 2014, beberapa mesin EDC baik itu milik CIMB Niaga maupun milik bank lain, sudah meminta Anda untuk memasukkan PIN kartu kredit Anda pada saat bertransaksi.
Jika Anda belum memiliki PIN kartu kredit, kasir dapat memilih opsi otentikasi dengan menggunakan tanda tangan. Perlu diketahui bahwa opsi untuk menandatangani sales draft dan tidak menggunakan PIN hanya berlaku hingga 31 Desember 2014.
Mulai 1 Januari 2015, seluruh transaksi menggunakan kartu kredit WAJIB menggunakan PIN.

T : Saya telah memasukkan PIN kartu kredit saya saat transaksi di mesin EDC. Apakah saya tetap harus menandatangani lagi sales draft / slip transaksi?
J : Tidak, Anda tidak perlu lagi menandatangani sales draft / Slip transaksi yang dicetak oleh mesin EDC. Dengan memasukkan PIN yang benar yang ditandai dengan tercetaknya sales draft tersebut, maka transaksi Anda sudah sah.
Bank Indonesia dan CIMB Niaga bersama dengan bank lain secara bersama-sama juga akan melakukan edukasi kepada kasir agar mereka tidak lagi meminta tanda tangan pemegang kartu saat bertransaksi dengan kartu kredit mulai 1 Januari 2015.

T : Apabila saya melakukan perjalanan ke luar negeri, apakah PIN kartu kredit saya juga harus digunakan pada saat transaksi di merchant?
J : Saat ini transaksi menggunakan PIN kartu kredit telah berlaku di sebagian besar negara-negara di Eropa. Artinya, tergantung regulasi yang berlaku di masing-masing negara di Eropa, bisa jadi Anda diminta menggunakan PIN pada saat bertransaksi dengan kartu kredit di merchant.
Sedangkan negara-negara di region lainnya seperti di Asia Pasifik, Afrika, Amerika Utara dan Amerika Latin, baru akan mengimplementasikan penggunaan PIN di EDC merchant secara bertahap di masa yang akan datang. Untuk transaksi di negara-negara tersebut, kemungkinan besar Anda akan diminta untuk menandatangani sales draft yang dicetak oleh mesin EDC.

Cara Mendapatkan PIN Kartu Kredit
T : Saat ini saya sudah memiliki PIN kartu kredit CIMB Niaga. Apakah saya harus melakukan permintaan PIN yang baru?
J : Tidak perlu. Anda dapat terus menggunakan PIN kartu kredit yang telah Anda miliki. Pastikan untuk selalu menjaga kerahasiaan PIN kartu kredit Anda dari siapapun.

T : Saya belum pernah memperoleh PIN kartu kredit dari CIMB Niaga. Bagaimana saya bisa mendapatkan PIN kartu kredit saya?
J : Sangat mudah, Anda cukup meminta PIN kartu kredit CIMB Niaga Anda melalui layanan pesan singkat / Short Message Service (SMS).
Caranya cukup ketik: PIN [spasi] 4 Digit Terakhir Kartu Kredit CIMB Niaga Anda [spasi] Tanggal Lahir Anda dengan Format DDMMYYYY dan kirim ke nomor 1418 dari nomor telepon seluler Anda yang terdaftar di sistem kami.
Contoh:
Nomor kartu kredit Anda adalah 5289 1900 5678 1234 dan Anda lahir pada 31 Desember 1988, maka anda harus mengetik PIN 1234 31121988 kemudian kirim ke nomor 1418 dari nomor telepon seluler Anda yang terdaftar di sistem kami.
Anda akan mendapat SMS balasan sebagai berikut :
PIN untuk kartu ************1234 Anda adalah 999999. Segera ganti PIN Anda di ATM CIMB Niaga terdekat dalam waktu 7 hari.

T : Kapan saya bisa mendapatkan PIN kartu kredit saya melalui SMS ke 1418?
J : Permintaan PIN kartu kredit melalui SMS ke nomor 1418 sudah dapat dilakukan efektif sejak bulan Mei 2013. Untuk menghindari potensi gangguan permintaan dan penerimaan PIN kartu kredit Anda mendekati 31 Desember 2014, kami menyarankan Anda untuk melakukan permintaan PIN kartu kredit sesegera mungkin.

T : Saya lupa nomor telepon seluler saya yang didaftarkan ke CIMB Niaga. Apa yang harus saya lakukan?
J : Anda dapat menghubungi Phone Banking 14041 atau Priority Service 500588 (khusus bagi Pemegang Kartu Premium: World, Infinite dan Ultimate) untuk mendapatkan informasi nomor ponsel Anda yang terdaftar di sistem kami. Staf CIMB Niaga akan membantu Anda dengan informasi nomor ponsel yang terdaftar atau melakukan pengkinian data nomor ponsel Anda atau mendaftarkan nomor ponsel Anda (jika belum ada pada data CIMB Niaga sebelumnya) setelah terlebih dahulu memverifikasi Anda dengan beberapa pertanyaan penting.

T : Nomor ponsel dari penyedia layanan telekomunikasi apa saja yang dapat saya gunakan untuk meminta PIN kartu kredit?
J : Anda dapat menggunakan seluruh nomor dari penyedia layanan GSM (Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Axis dan Tri) serta beberapa penyedia layanan CDMA (SmartFren, Telkom Flexi dan Esia).

T : Berapa biaya yang akan dikenakan kepada saya untuk setiap permintaan PIN kartu kredit?
J : CIMB Niaga tidak mengenakan biaya administrasi untuk permintaan PIN kartu kredit. Namun, penyedia layanan telekomunikasi Anda akan memotong pulsa sebesar Rp 550,- untuk setiap permintaan PIN kartu kredit via SMS yang Anda kirim.

T : Apakah saya bisa mendapatkan PIN kartu kredit saya melalui cara lain, misalnya dengan datang ke Customer Service di cabang CIMB Niaga terdekat atau melalui Phone Banking?
J : Cara termudah, Anda bisa mendapatkan PIN kartu kredit melalui SMS ke 1418 ATAU jika Anda datang ke cabang terdekat atau menghubungi Phone Banking 14041, maka officer akan membantu dengan mengirimkan permintaan Anda kepada Kantor Pusat untuk memperoleh PIN cetak / PIN mailer yang akan dikirim maksimum 10 hari kerja.

T : Saya tidak mempunyai nomor telepon selular. Apakah saya tetap bisa melakukan permintaan PIN kartu kredit?
J : Anda dapat datang ke cabang terdekat atau menghubungi Phone Banking 14041, maka officer akan membantu dengan mengirimkan permintaan Anda kepada Kantor Pusat untuk memperoleh PIN cetak / PIN mailer yang akan dikirim maksimum 10 hari kerja.
Tetapi cara termudah adalah permintaan melalui SMS ke 1418 dari nomor ponsel Anda yang telah didaftarkan sebelumnya di sistem kami.
Selain untuk meminta PIN kartu kredit, nomor ponsel juga penting Anda daftarkan ke sistem kami untuk menerima konfirmasi transaksi finansial yang dilakukan menggunakan kartu kredit Anda sebagai tindakan preventif jika terjadi penyalahgunaan kartu oleh pihak lain.

T : Berapa kali batas maksimal saya dapat melakukan permintaan PIN kartu kredit via SMS?
J : Maksimal permintaan PIN kartu kredit via SMS adalah 3 kali per hari untuk permintaan yang sukses terkirim ke nomor ponsel Anda.

Pemegang Kartu Lupa PIN
T : Saya lupa PIN kartu kredit yang telah saya miliki. Apa yang harus saya lakukan?
J : Anda cukup melakukan permintaan PIN kartu kredit via SMS ke 1418 sesuai petunjuk di atas.
Caranya cukup ketik: PIN 4 Digit Terakhir Kartu Kredit CIMB Niaga Anda Tanggal Lahir Anda dengan Format DDMMYYYY dan kirim ke nomor 1418 dari nomor telepon seluler Anda yang terdaftar di sistem kami.
Setelah menerima PIN baru, secara otomatis PIN lama Anda tidak berlaku lagi. Segera ganti PIN yang Anda terima melalui SMS ke PIN baru sesuai pilihan Anda melalui ATM CIMB Niaga terdekat.

Mengganti PIN Kartu Kredit
T : Apakah saya harus mengganti PIN kartu kredit yang dikirimkan via SMS kepada saya?
J : Ya, kami menyarankan Anda untuk segera mengganti PIN kartu kredit yang Anda terima via SMS menjadi 6-digit angka PIN baru yang lebih mudah untuk Anda ingat. Kami sarankan untuk menghindari mengganti PIN Anda menggunakan nomor telepon, tanggal lahir atau angka lain yang mudah ditebak oleh orang lain.

T : Kapan saya harus mengganti PIN kartu kredit yang telah saya terima via SMS?
J : Kami memberikan waktu bagi Anda untuk mengganti PIN kartu kredit yang Anda terima via SMS hingga 7 hari sejak Anda menerima PIN tersebut. Namun, kami sarankan Anda untuk sesegera mungkin mengganti PIN tersebut demi kenyamanan bertransaksi Anda.

T : Dimanakah saya dapat mengganti PIN kartu kredit saya?
J : Anda dapat mengganti PIN kartu kredit di ATM CIMB Niaga manapun. Penggantian tidak dapat dilakukan di mesin ATM milik bank lain.
T : Apa yang akan terjadi jika saya belum / tidak mengganti PIN kartu kredit yang saya terima via SMS hingga 7 hari sejak saya menerima PIN tersebut?
J : PIN yang Anda terima via SMS tersebut akan expired dan tidak dapat digunakan lagi, baik untuk Anda ganti ke PIN baru sesuai preferensi Anda, maupun untuk transaksi finansial (cash advance / tarik tunai di ATM maupun transaksi belanja di EDC merchant).
T : Saya sudah mengganti PIN kartu kredit yang dikirimkan via SMS menjadi PIN dengan kombinasi 6-digit angka pilihan saya sendiri. Namun, kini saya lupa dengan PIN baru saya tersebut. Apa yang harus saya lakukan?
J : Anda cukup mengulang proses permintaan PIN kartu kredit via SMS ke 1418 seperti semula. Segera ganti PIN tersebut menjadi PIN baru yang mudah Anda ingat, namun tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Lain-lain
T : Saat ini saya juga memiliki kartu debit CIMB Niaga. Apakah PIN kartu debit saya dapat digunakan untuk PIN kartu kredit CIMB Niaga saya?
J : Tidak bisa, PIN kartu debit Anda tidak berlaku untuk PIN kartu kredit Anda. Anda harus melakukan permintaan PIN kartu kredit secara terpisah.


Bookmark and Share

 

Back

[Close]

Main Menu

Help